Ekstrakurikuler Lain

Kami menyadari tiap anak memiliki hobi, minat, dan keunggulan yang berbeda-beda. Oleh karena itu kami memfasilitasi beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung minat tiap siswa. Ada ektrakurikuler wajib untuk semua anak (pramuka), wajib untuk anak tertentu (Calistung dan Baca Tulis Al Qur’an) dan 10 ekstrakurikuler pilihan, yaitu Robotic, Memanah, Akselerasi Tahfidz , English Club , Arabic Club (Kelas 2), Berenang (Mulai kelas 2), Bela Diri (Mulai Kelas 2), Science Club (Mulai Kelas 3), Futsal (Mulai Kelas 3), Badminton (Mulai Kelas 3)


Pramuka

Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang diwajibkan oleh pemerintah. Ekstrakurikuler pramuka di SDIT BISA Jakarta Barat akan membantu anak-anak untuk:

  • Mencoba hal baru.
  • Membantu dan peduli  sesama
  • Membangun rasa percaya diri.
  • Membangun karakter

Pramuka juga  mengajarkan keterampilan dasar dan mempromosikan kerja sama dalam kelompok.  Lebih dari itu, pramuka bisa mendorong anak untuk mencapai apresiasi yang lebih dalam hal membantu orang lain.

Kepramukaan memberi anak-anak perasaan bahwa mereka penting sebagai individu. Kepramukaan mempromosikan kegiatan yang mengarah pada tanggung jawab pribadi dan harga diri yang tinggi.

Calistung
SDIT BISA Jakarta Barat tidak menjadikan kemampuan baca, menulis, dan berhitung sebagai persyaratan agar diterima di sekolah kami. Oleh karena itu, bagi anak-anak kelas 1 yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung, wajib mengambil ekstrakurikuler calistung agar lebih mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan.

Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) adalah ekstrakurikuler wajib untuk anak-anak kelas 1 SDIT BISA Jakarta Barat yang belum memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah  dengan baik.  Ini diwajibkan agar anak lebih mudah dalam mencapai target hafalan Al Qur’an, hadits dan kosakata bahasa Arab. Anak-anak diharapkan dalma 1 tahun sudah selesai dari Iqra 6 dan sudah bisa membaca Al Qur’an.

Robotika

Perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak di Indonesia sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Peningkatan kualitas pendidikan diharapkan muncul dari berbagai sisi yang nantinya akan meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia pada masa kini hingga sekarang. Meski animo cukup tinggi, sampai saat ini pelatihan membuat robot dan game justru masih tidak tersentuh di sekolah- sekolah formal. Padahal, di negara-negara maju kegiatan merakit robot dan membuat aplikasi untuk komputer, website bahkan mobile telah masuk dalam kurikulum belajar mengajar. Agar menjadikan SDM Indonesia semakin maju dan setara dengan kualitas teknologi yang berkembang, SDIT BISA Jakarta Barat berusaha menghadirkan pengenalan teknologi robotika yang menjadi salah satu penunjang perkambangan anak dengan menyelenggarakan materi-materi tertentu menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita.

Memanah

Memanah adalah salah satu olaharaga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ada banyak manfaat yang dapat diraih anak-anak yang belajar mamanah:

  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak
  2. Belajar disiplin
  3. Melatih kesabaran
  4. Menambah keberanian untuk mencoba hal yang baru
  5. Meningkatkan rasa percaya diri

English Club

Kami menyadari  pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pada ekstrakurikuler English Club, anak-anak akan belajar bahasa inggris lebih intensif dibandingkan yang dipelajari di kelas dengan target para pesertanya mampu mengikuti kompetisi bahasa inggris baik di level provinsi maupun nasional

Akselerasi Tahfidz
Ekstrakurikuler ini khusus untuk anak yang memilki kekuatan hafalan yang baik. Mereka yang hafalannya di atas rata-rata akan disatukan dalam kelompok khusus agar bisa mencapai target hafalan yang lebih dibandingkan anak-anak lain. Harapannya, anak-anak bisa memiliki hafalan yang mutqin dan bisa diikutsertakan dalam lomba tingkat provinsi dan nasional.

Arabic Club
Ekstrakurikuler ini akan mengumpulkan anak-anak yang memiliki bakat dan minat di bahasa Arab. Pada ekstrakurikuler ini akan diajarkan kemampuan berbicara dan berpidato dalam bahasa Arab. Targetnya, anak-anak bisa diikutsertakan dalam kompetisi bahasa Arab di tingkat provinsi maupun nasional.  Ekstrakurikuler ini baru dimulai di kelas 2.

Science Club

Anak-anak yang memiliki minat dan bakat pada bidang ilmu pengetahuan umum akan dikumpulkan pada ektrakurikuler ini. Tujuannya adalah agar anak-anak bisa bereksplor lebih jauh di bidang pengetahuan seperti IPA dan Matematika dengan mengadakan penelitian kecil untuk mengasah kemampuan anak dalam menemukan hal-hal baru yang menarik di sekitar mereka. Ekstrakurikuler ini baru dimulai pada kelas 3

Olahraga (Beladiri, berenang, Futsal, dan Badminton) 

Masa anak-anak adalah masa dimana mereka sangat ingin bermain dan bermain. Dengan berolahraga, anak-anak bisa menyalurkan energinya kepada hal-hal yang positif. Di SDIT BISA, olah raga ini sebagiannya akan dijadikan sebagai pilihan ekstrakurikuler mulai kelas 2 (berenang dan beladiri) dan ada yang dimulai pada kelas 3 (futsal dan badminton)